Senin, 15 Januari 2024

ALAT LAB DYNAMIC CONE PENETROMETER (DCP)

 ALAT LAB DYNAMIC CONE PENETROMETER (DCP)

Pengujian dengan alat Dynamic Cone Penetrometer (DCP) ini pada dasarnya sama dengan cone penetrometer (CP) yaitu sama-sama mencari nilai CBR dari suatu lapisan tanah langsung di lapangan. Hanya saja pada alat Cone Penetrometer dilengakapi dengan poving ring dan arloji pembacaan, sedangkan pada alat Dynamic Cone Penetrometer adalah melalui ukuran(satuan) dengan menggunakan mistar.

Gambar 1. Alat Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Sumber: Transport Research Laboratory Department for International Development Dimana: 1. Bagian atas a) Pemegang b) Batang bagian atas diameter 16 mm, tinggi-jatuh setinggi 575 mm; c) Penumbuk berbentuk silinder berlubang, berat 8 kg.



DCP (Dynamic Cone Penetrometer) adalah alat yang digunakan untuk mengukur daya dukung tanah dasar jalan langsung di tempat.

Tes DCP (Dynamic Cone Penetrometer) digunakan untuk menentukan kekuatan tanah dasar atau lapis perkerasan jalan tanpa pengikat yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Pengujian ini dapat dilakukan hingga kedalaman 80 cm, dan mampu diperdalam hingga 120 cm dengan menyambung tangkai. Variable hasil pengujian DCP dapat dikorelasikan dengan nilai CBR (California Bearing Ratio) sehingga hasil akhir dari uji DCP dapat ditampilkan sebagai nilai CBR, yang dapat digunakan untuk perencanaan tebal perkerasan jalan.



Pengujian DCP dilakukan dengan menekan ujung alat yang berupa konus dengan cara memberi beban hammer yang dijatuhkan bebas (ditumbukkan), sehingga konus akan masuk kedalam tanah, yang kedalamannya dapat dibaca pada batang penetrasi dan dinyatakan sebagai kedalaman penetrasi. Penumbukan dengan hammer ini dilakukan terus hingga mencapai kedalaman penetrasi 80 cm. selama pengujian, dilakukan pencatatan besarnya komulatif penetrasi yang terjadi pada setiap tumbukan hammer. Dengan menggambarkan grafik yang menyatakan hubungan antara komulatif penetrasi dan komulatif tumbukan dapat ditentukan besarnya nilai CBR.

Peralatan DCP cukup ringan yang pengoperasiannya dapat dilakukan 2 (dua) orang saja. 



banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Klik Telphone CS