Rabu, 03 Februari 2021

GLOSARIUM Di Bidang Geo Hidrologi Air Tanah

 GLOSARIUM Di Bidang Geo Hidrologi Air Tanah  yang sering kita temui di beberapa artikel atau ucapan, yu kita bahas satu persatu


Air Tanah : Air yang terdapat dalam tanah dan mencapai lapisan yang jenuh air, terdapat dalam ruang antar butiran batuan ataupun rekahan batuan. 

Akuifer atau lapisan pembawa air : Formasi atau bagian formasi yang berupa lapisan tanah lulus air yang dapat menyimpan dan mengalirkan ke dalam sumur atau mata air.

 Akuifer tertekan (Confined Aquifer, Non-Leaky Aquifer) : Lapisan pembawa air yang sepenuhnya jenuh air, dengan bagian atas dan bagian bawah dibatasi oleh lapisan kedap air. Tinggi pisometris muka air tanah tertekan berada diatas posisi akuifer itu sendiri, dan apabila muncul diatas permukaan tanah disebut sebagai air artesis. 

Akuifer bocor/Leaky Aquifer : Akuifer tertekan yang lapisan penekannya bisa mengantarkan air masuk atau keluar akuifer. 

Akuifer tidak tertekan/akuifer bebas (Unconfined Aquifer, Phreatic Aquifer) : Akuifer yang hanya sebagian terisi air dan terletak pada suatu dasar lapisan yang kedap air. Batas bagian atas adalah muka air bebas atau muka preatik yang dipengaruhi oleh tekanan atmosfir. 

Akuifer semi tertekan (Semi Confined Aquifer) : Akuifer yang pada bagian atas dibatasi oleh lapisan tanah semi lulus air dan bagian bawah merupakan lapisan kedap air. Aquifuge : Suatu formasi kedap air yang tidak dapat menyimpan maupun meneruskan air. 

Aquiclude : Suatu formasi atau kelompok formasi yang bisa jenuh air tetapi hanya melepaskan sedikit air ke sumur, mata air dan rembesan. 

Aquitard : Formasi buatan setengan lulus air yang menyimpan air dan juga meneruskan cukup air walaupun masih lebih kecil dari akifer. Namun pada area horisontal yang luas mungkin dapat meluluskan air cukup besar. Formasi ini memperlambat tetapi tidak mencegah pengaliran air ke atau dari akifer yang berdampingan.

Aliran tak Tunak (Non Steady Flow) : Aliran air yang terjadi dari saat dimulainya pemompaan air sumur sampai tercapainya aliran lunak, biasa disebut nonsteady flow. 

Aliran Tunak (Steady Flow) : Aliran yang terjadi apabila telah terwujud keseimbangan antara debit air yang di pompa dengan pengisian kembali dari akifer, biasa disebut steady flow. 

Aquifer Loss : Kehilangan tekanan yang disebabkan oleh aliran dalam akifer, biasa disingkat BQ. 

AWLR : Automatic Water Level Recorder.

BBWS/BWS : Balai Besar Wilayah Sungai/Balai Wilayah Sungai. 

CAT : Cekungan Air Tanah. Daya Hantar Listrik (Disingkat DHL) atau EC (Electric Conductivity) : Kemampuan suatu benda cair untuk menghantarkan listrik, biasanya sebagai fungsi dari suhu, macam ion dan konsentrasi ion dengan satuan µΩ/cm². 

Debit Serah/Well Yield : Volume air setiap satuan waktu yang dikeluarkan dari suatu sumur, baik oleh pemompaan maupun oleh aliran deras. 

Debit Jenis (Qs) : Sama dengan koefisien kandungan. Perbedaannya adalah koefisien kandungan dipakai pada bagian yang tertekan dari suatu akifer; sedangkan debit jenis digunakan pada bagian akifer yang tertekan. 

Drawndown (S) : Besarnya surutan/penurunan muka air tanah di dalam sumur setelah dipompa selama waktu tertentu. Biasanya disingkat s. 

Efisiensi Sumur : Suatu besaran hasil perbandingan antara kapasitas khas yang di dapat dari pengujian di lapangan (Q/s) dengan kapasitas khas teoritis (Q/BQ). Hubungan ini biasanya ditulis sebagai E = { (Q/s) / (Q/BQ)} x 100 %. 

Kapasitas khas (Specific Capacity) : Besarnya debit serah setiap satuan penurunan muka air tanah suatu sumur, biasa disingkat sebagai Sc. 

Karakteristika Sumur : Sifat-sifat khas yang dimiliki suatu sumur antara lain; penurunan muka air yang stabil, penurunan maksimum dan optimum, debit maksimum dan optimum, well loss, kapasitas khas (specific capacity), efisiensi sumur dan kedalaman pemasangan pompa. Sifat-sifat tersebut diperoleh setelah uji pemompaan suatu sumur. 

Karakteristika akuifer : Sifat-sifat khas yang dimiliki suatu akuifer antara lain; permeabilitas (K), transmisibilitas (T), aquifer loss (BQ) dan koefisien penyimpanan (S). Sifat-sifat tersebut diperoleh setelah uji pemom-paan suatu sumur dan pengamatan muka air di sumursumur pengamat.

Koefisien Kandungan (Coefisien of Storage) : Volume air yang dapat dilepaskan atau diserap dari/atau kedalam kandungan persatuan luas permukaan akifer untuk setiap satuan perubahan tinggi-tekan (head) pada komponen tegak-lurus terhadap permukaan tersebut. Biasa disingkat Sp. M pipa transparan kecil yang dibuat/dipasang pada pipa buang. 

Pencucian sumur (Well Development) : Pembersihan sumur terhadap sisa-sisa cutting dan mud cake untuk meningkatkan porositas dan permeabilitas akuifer disekitar sumur, menstabilkan formasi disekeliling sumur bor, sehingga air lebih mudah masuk kedalam sumur dan debit yang dihasilkan akan maksimum sesuai desain yang disyaratkan. 

Pemulihan (S”)/Recovery (S”) : Jarak antara muka air sumur pada kondisi pemulihan/kambuh, karena pemompaan telah berhenti, yang diukur pada kala waktu tertentu dengan asumsi pemompaan uji masih berjalan terus. Satuan yang dipergunakan adalah panjang (meter/feet). 

Penurunan Sisa (S’)/Residual Drawdown (S’) : Jarak antara kedudukan muka air pada wktu pemulihan/kambuh dengan muka air semula. Satuan yang dipergunakan adalah panjang (meter/feet). 

Permukaan air dinamik biasa/DWL (Dynamic Water Level) : Permukaan air di dalam sumur dan pisometer selama perioda pemompaan. 

Permukaan air statik/SWL (Static Water Level) : Permukaan air di dalam sumur, apabila tidak terdapat pengambilan air dari akuifer, baik oleh pemompaan maupun oleh aliran bebas.

P3AT : Perkumpulan Petani Pemakai Air Tanah. 

Surutan muka air (Draw Down) : Perbedaan dalam satuan panjang antara permukaan air statik dan permukaan air dinamik, biasa disebut drawdown (s). 

Surutan muka air sisa (Recovery) : Surutan muka air yang terjadi setelah pemompaan dihentikan, yaitu permukaan air naik mendekati permukaan air semula. Jadi urutan sisa berlangsung selama perioda pemulihan kembali (recovery period). 

Sumur Artesis : Sumur bor dengan muka air berada diatas muka tanah, hal ini terjadi karena permukaan tanah letaknya lebih rendah dibandingakan dengan muka pisometrik air tanah. 

Sumur Dalam : Bor yang dibuat dengan mesin bor, kedalaman lebih dari 60 meter, pengambilan air dengan pompa turbin, pompa submersible, disingkat sebagai DTW (deep tube well). 

Sumur Uji (Test Well) : Sumur bor yang dibuat dengan tujuan pengujian kondisi/perilaku air tanah/akuifer. Besarnya tinggi tekanan dan bidang pisometrik mengalami perubahan akibat pemompaan atau injeksi. 

Sumur Pengamatan (Piezometric Well) : Sumur terbuka yang menembus sebagian atau keseluruhan formasi akuifer dan digunakan untuk mengamati perilaku air tanah selama uji pemompaan. 

Uji pemompaan (Pumping Test) : Pemompaan air di dalam sumur dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk menguji/megetahui kemampuan sumur (liter/detik) yang bersangkutan. V - Notch : Alat pengukur debit standard yang dilengkapi dengan alat ukur Thompson berbentuk V (bisa bersudut 22.5°, 45° atau 90° ) dan Peil Schaal. Air yang keluar dari pipa ditampung pada bak persegi panjang, kemudian melimpah lewat ambang berbentuk V. 

Well loss : Besarnya kehilangan tekanan yang disebabkan oleh aliran air melalui lubang bor atau pipa saringan, disingkat CQ². WHO : World Health Organisation. 

 WS : Wilayah Sungai. 


Untuk Informasi pemesanan pengeboran sumur dalam / deep well bisa call INDONESIA DRILLING

INDONESIA DRILLING
    Sumur Bor Dangkal 0-15 (Pompa Semi jet Pump )
    Sumur Bor Semi Dalam / Jet Pump ( 0- 30 Meter )
    Sumur Bor Dalam 50 - 150 meter  (Deep Well)
    Sumur Resapan, Sumur Imbuhan
    Grounding Penangkal Petir
    Bore Hole Camera
    Strous Pile Pondasi
    Bore pile
    Pumping Test ( Uji Pemompaan )
    Perijinan Sumur Dalam (SIPPAT)

       
Profesional
   Dengan didukung oleh Tenaga Ahli yang handal dan berpengalaman, maka kami akan memberikan pelayanan jasa pengeboran dan service pompa air yang berkualitas.
Bergaransi
   Kami memberikan pelayanan jasa pengeboran dan service pompa air yang berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan (Bergaransi) untuk menjaga kenyamanan konsumen dalam menggunakan layanan jasa kami.
Harga Hemat
   Untuk menentukan estimasi biaya maka kami memerlukan informasi secara detail tentang keluhan air dan pompa anda (Survei lokasi), setelah itu kami akan memberikan informasi estimasi biaya/harga untuk tindakan selanjutnya.
Respon Cepat
   Kami selalu berusaha melayani dan memberikan solusi secepat mungkin kepada para konsumen dimanapun dan kapanpun.
Kualitas Terjamin
   Pelayanan kami sangat mengutamakan kualitas dari segi kinerja,Teknisi dan spareparts ataupun mesin pompa air yang kami tawarkan untuk anda (dijamin original)
Area Pelayanan Jabodetabek
   kami memberikan pelayanan pengeboran dan service pompa air untuk seluruh wilayah Jakarta dan Sekitarnya (Jabodetabek)
NILAI +
   "Kami mempunyai data hasil pengebopran di beberapa daerah yang airnya kurang baik dan bisa menghasilkan air yang baik. "

Harga Untuk Jasa Pengeboran Sumur   silahkan langsung hubungi customer service kami, dan kami siap melayani.


Klik WA
Klik WA
GUNAKAN JASA PENGEBORAN SUMUR KAMI DENGAN PENGERJAAN TERBAIK DAN TERPERCAYA MANTAPKAN PILIHAN ANDA DI KAMI


Jangan ragu untuk sekedar berkonsultasi tentang Jasa Bor Sumur di Jabodetabek

Anda adalah prioritas utama dalam pekerjaan kami.

Technical Support: 24 jam | Sales: Senin-Minggu 07.00 - 21.00

jasageolistrik@gmail.com

Technical Support: 24 jam | Sales: Senin-Minggu 16.00- 21.00

indonesiadrilling@gmail.com

Technical Support: 8 jam | Sales: Senin-kamis 07.00- 15.00

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Klik Telphone CS